Branding Bali
Posted: 06 October 2008 by ranii mahardika in Labels: ajeg bali, bali, branding, Hindu, info, logoBarusan iseng browsing situsnya pemprov. Bali , cuman pengen tau aja wajah situsnya seperti apa . eh , aku baru tau kalo sekarang Bali punya branding sebagai salah satu sarana promosi dan sosialisasi pariwisatanya . kalo Indonesia punya Visit Indonesia 2008 , atau Jakarta mungkin dengan Enjoy Jakarta –nya , kini Bali juga punya sebuah bentuk visual Brand Bali .
Sebenarnya branding ini bukan hal baru , hanya saja , baru kali ini aku (jadi) tau makna yang tersirat dari brand ini . ini kutipan dari http://www.tourism.baliprov.go.id/ tentang penjelasan logo dan penjelasan visual dari Branding Bali . please Check . . . and enjoy it !
Branding Bali
PENJELASAN LOGO
Setelah melewati seluruh tahapan dalam framework metodologi yang tepat, dihasilkan Bentuk Visual Branding Bali dan Tagline yang merangkum value-value yang ditemukan dalam tahapan sebelumnya. Mengacu pada brand differentiation yang mencatat keunggulan Bali di unsur budaya dan alam dalam sentuhan spiritual yang kuat dan khas, maka pada Visual dan Tagline Branding Bali, nampak bahwa aspek spiritual sangat dominan mewarnai. Konsekuensi tentu munculnya berbagai elemen dengan makna filosofi untuk membangkitkan "roh spiritual Bali".
Makna Logo dijelaskan dalam 4 bagian yang meliputi:
1. Penjelasan Visual
2. Huruf/Font
3. Warna
4. Tagline
PENJELASAN VISUAL
Segitiga Simetris – Sama Sisi
Segitiga adalah simbul sangat esensi dari kestabilan dan keseimbangan. Segitiga terdiri dari tiga garis lurus yg ujung dari 2 garisnya saling bertemu ini melambangkan jilatan api keatas (Brahma-sang pencipta), lambang lingga atau pallus (purusha). Segitiga adalah juga perlambang 3 Dewa penguasa alam semesta (Trimurti – Brahma, Wisnu dan Siwa), juga 3 tingkatan alam (Bhur, Bwah dan Swah Loka), 3 tingkatan hidup (lahir, hidup dan mati).
Bentuk segitiga juga menjelaskan essensi branding yang sangat diwarnai Tri Hita Karana, basis value yang akan membimbing kehidupan pada keseimbangan.
Di luar penjelasan diatas, Hindu memiliki beragam filosofi tentang bentuk segitiga yang sarat makna.
Motif ukiran flora yang simetris
Jika di lipat tepat pada garis tengah segitiga, motif ukiran pada sisi kiri dan kanan simetris dan serupa. Hal ini untuk memperkuat kesan "keseimbangan" yang menjadi essensi dari terciptanya: keharmonisan dan kedamaian sesuai Visi Branding.
Ukiran bermotif flora tampil kuat dan dominan. Hal ini menggambarkan "kuatnya kreatifitas orang Bali" yang dikenal sangat terampil melahirkan karya seni. Motif flora dipilih sebagai simbul kedekatan manusia Bali dengan alam yang sekaligus menggambarkan salah satu keunggulan Bali yakni alamnya yang indah (natural).
Mahkota pada ujung Segitiga
Mahkota menggambarkan: Pencapaian tertinggi, kesadaran agung, keagungan dan kemuliaan, sebagai tujuan dari perjalanan meniti keseimbangan yang diisyaratkan nilai dalam Tri Hita Karana ( Keseimbangan dalam hubungan dengan sesama, lingkungan dan sang Pencipta).
HURUF/FONT
Tulisan Bali didesain khusus dengan mengadopsi bentuk dan garis – garis khas dalam aksara Bali. Memilih huruf B dalam Bali dengan bentuk menyerupai angka 3 dan mirip aksara Ang (aksara suci Brahma). Bentuk tersebut juga untuk menjaga konsistensi konsep yang berbasis pada Tri Hita Karana, Segitiga dan Tulisan Bali yang dimulai dengan huruf mirip angka 3.
Bentuk yang spesifik nampak pada huruf L yang menjulang hingga menopang mahkota. Maknanya dibutuhkan komitmen kuat yang langkah berkelanjutan (substain) dari seluruh stakeholder untuk mencapai tujuan tertinggi (mahkota)
WARNA
Branding Bali menggunakan 3 warna yang sangat kuat mencerminkan Bali yakni: Merah, Hitam dan Putih (Tri Datu). Merah adalah representasi dari Dewa Brahma – Sang Pencipta, Hitam – Dewa Wisnu – Sang Pemelihara dan Putih – Dewa Siwa – Sang Pelebur. Kolaborasi 3 warna yang merepresentasikan 3 Dewa (Tri Murti) akan melindungi dan menjaga Bali beserta seluruh kehidupan di dalamnya agar tumbuh harmonis dan berkelanjutan bergerak maju dalam kedamaian.
TAGLINE : Shanti, Shanti, Shanti
Kata Shanti bermakna damai. Jika mengucapakan kata Shanti kita akan dialiri spirit kedamaian dan keharmonisan. Bagi orang Hindu, Shanti umumnya di ucapkan 3 X dengan menambahkan kata Om (aksara suci Ida Hyang Widhi Wasa-Tuhan Yang Maha Esa) pada awal dan akhir pengucapannya yakni Om Shanti, Shanti, Shanti Om yang bermakna, semoga damai di hati, di dunia dan di akhirat. Pengucapan 3 X ini juga konsisten dengan konsep awal yang berbasis pada penekanan pada angka 3 ( Tri).
Shanti, Shanti, Shanti merepresentasikan kedamaian pada bhuwana alit dan agung (diri dan seluruh semesta) yang akan mengetarkan vibrasi kesucian hingga menebarkan aura dalam yang mendamaikan dan menyeimbangkan kehidupan semua mahluk.
Demikian informasi tentang Branding Bali yang bisa aku share buat temen-temen . kalo ada temen-temen yang ga ngerti beberapa istilah yang terdapat di atas , hubungi aku aja lewat blog ini , atau lewat ym , atau lewat imel . hhehehehe
wow, very special, i like it.