INCEST : adat istiadat kusam yg belum kesat oleh jaman .

Posted: 16 October 2008 by ranii mahardika in Labels: , , , ,
1

Ada yang tau artinya : INCEST ga ?


Jadi tadi itu , aku ke Gramed sama sepupuku , Kiki . Niatnya uda jelas , cari2 buku baru buat dibeli en dibaca. Setelah muter2 ga jelas , mataku terpaku pada sebuah buku yg cover -nya "kelam" yg ternyata ada tulisannya "INCEST" .
Yg bikin tertarik adalah subtitle -nya ''Kisah Kelam Kembar Buncing" !!

Uuups . . .

Aku langsung inget tentang sebuah adat di Bali yg berkenaan dengan kelahiran sepasang kembar buncing (kembar cowok - cewek ,red) . Jadi kelahiran kembar sepasang cowok - cewek dianggap sebagai aib bagi masyarakat Bali .

Di beberapa daerah bahkan kelahiran Buncing ini menyebabkan pengusiran atau pengasingan terhadap orang tua mereka . Selain itu , orang tuanya juga didenda dan kemudian diwajibkan melalukan prosesi penyucian diri dan desa .

Yupp , jadi selain membawa aib , kelahiran Kembar Buncing ini pula dianggap 'meletehkan' desa adat . Meletehkan bisa diartikan sebagai 'mengotori' , sehingga desa harus mengalami prosesi upacara adat .

So , back to the topic : INCEST . Jadi buku ini sebenarnya merupakan Novel fiktif , namun mengungkap sebuah alur kultur yg disusun dengan fakta atau realitas .

Kisahnya fiktif , tapi alur - adat - deskripsi peristiwa nya : fakta .

Ironi ini menjadi sensitif manakala novel ini terpaksa dihentikan publikasinya di harian Bali Post karena dianggap membawa berita aib pada masyarakat Bali . Jadi , keberanian penulis novel ini dalam mengungkap peristiwa INCEST , utamanya karena digunakannya setting desa adat masyarakat sana sebagai lokasi terjadinya INCEST pada novel , telah memicu dikeluarkannya penulis dari desa adat tempat kelahirannya .

Dikeluarkan ??

Yupp , sang penulis terpaksa menjalani hukuman adat : Dikeluarkan dari desa adat selama 5 tahun (sekarang sudah berjalan 2 tahun) , dan dilarang bersembayang di 3 pura utama desa . Sanksi adat yg cukup berat bagi sang penulis yg teramat mencintai desa kelahirannya itu .

Secara umum , adat istiadat masyarakat Bali memang masih sangat menarik untuk dijadikan tambahan ilmu pengetahuan . Dan novel ini layak menjadi salah satu buku yg 'a must read' .

Oke !

1 pendapats:

  1. nasi goreng says:

    iya, aku baca bukunya, mengejutkan banget...

komen..komen..komen..