malang tempo doeloe

Posted: 25 May 2009 by ranii mahardika in Labels: , ,
5

kemaren adalah hari pertama saia menginjakkan kaki di kota Malang, setelah sekian lama tidak pulang kesini. hehehe, sounds lebaii ia? setelah sekian lama, kebetulan kedatangan saia disambut dengan perayaan hari ulang tahun kota Malang yang kesekian. maaf, saia kurang tau, tapi toh bisa dicari di gugel, hehe. dan di antara serangkaian perayaan HUT tersebut, ada sebuah kegiatan yang dinamakan Malang Tempo Doeloe.

Malang Tempo doeloe a.k.a MTD ini adalah sebuah even tahunan yang dimulai empat tahun yang lalu, yang terinsirasi dari keadaan kota Malang beberapa tahun yang lalu. saia pribadi kurang mengetahui, jaman apa saja yang dimaksud dalam MTD ini. namun berbagai diorama mengenai masa penjajahan Jepang terpajang disana, dan saia pikir bahwa mungkin saja MTD ini dianggap dimulai sejak masamasa penjajahan Jepang.

saia hanya ingin mengulas sedikit saja tentang pelaksanaan MTD tahun ini. tapi jangan dijadikan patokan juga bahwa apa yang saia tulis nanti ini adalah kenyataan yang ada di lapangan. karena, satu. saia baru berkunjung ke MTD ini pada hari terakhir pelaksanaannya. dua. karena memang saia tidak berkompeten untuk memberi komentar untuk hal ini. hehehe

jadi, sesuai konsepnya, bahwa MTD mengkondisikan bagaimana situasi dan kondisi kota Malang di jaman dahulu. sepanjang jalan Ijen yang menjadi tempat berlangsungnya even ini, dihias demikian rupa sehingga nampak seperti kota tua. namun, tahun ini.. saia pribadi merasa greget itu kurang. saia tidak mendapati situasi yang dimaksud oleh panitia. yang saia dapati malah banyaknya stand yang berjualan makanan ala tempo dulu. selain makanan, ada juga beberapa stand yang berjualan batik, mainan tempo dulu, perkakas tempo dulu. memang tidak semuanya berjualan, ada stand yang hanya melakukan pameran. tapi semakin tahun, semakin jelas pula bahwa pelaksanaan MTD ini mengarah ke komersialisme semata, menyampingkan tujuan hiburan rakyat yang pada mulanya ingin diprogramkan oleh pemerintah kota Malang.

lalu, saat saia akan berangkat ke Malang, banyak kawan sudah menginformasikan bahwa kota Malang sedang diguyur hujan setiap hari. saia pun jadi bertanyatanya, apakah pelakasanaan MTD akan terganggu dengan turunnya hujan?? dan benarlah, saat saia datang untuk kedua kalinya ke jalan Ijen tersebut, fyi, paginya saia sudah datang kesana untuk melihatlihat. dan malamnya, saia datang lagi kesana. jadi saat saia kesana, hujan gerimis agak deras menyambut.. hasilnya, jalanan jadi sangat becek. sangat tidak nyaman juga, karena antusiasme warga untuk hadir ke acara tersebut juga sangat tinggi, sehingga di tengah becek dan jalanan yang tidak nyaman, semua pengunjung juga harus berdesakdesakan!

berikutnya, sempat ada himbauan kepada warga untuk menghadiri MTD ini, dengan menggunakan dresscode pakaian tempo dulu. berkebaya kah, menggunakan pakaian perang kah, berdandan ala nonik Belanda kah, atau ala gadis atau pria desa kah.. atau apalahh yang berkaitan dengan tempo dulu. tapi, sepertinya itu hanya sekedar himbauan belaka. karena ga sedikit pengunjung yang hadir dengan mengenakan pakaian ala kadarnya. pakaian ala masa kini. jadi ga berimbang kesannya..

namun, di balik semua itu, kita juga wajib menghargai usaha pemkot Malang yang telah menggelar even seperti ini. karena hal ini jarang sekali kita temui di kotakota lain di Indonesia. dan tentunya, hal ini juga patut mendapat dukungan dari warganya..

5 pendapats:

  1. jadi ke pengen ke malang nih....

  1. Ravatar says:

    perlu sering diadain emang, supaya tetep inget aslinya Malang

  1. mata says:

    saya belum pernah ke malang.
    dan jujur habis baca ini saya jadi ingin ke malang.

  1. RanggaGoBloG says:

    waaaaaaaaaah.. gimana kabar malang sekarang iyaaah..??? uda lama juga gak kemalang,,

  1. @irien
    ayooo mampir :)

    @ravatar
    iia, ini diadain setahun sekali setiap hari ulang tahun kota malang. semoga akan terus dilaksanakan, bahkan jika perlu, dilakukan dengan memunculkan inovasi yang lebih baik lagi :)

    @mata
    ayo ayo ayo... malang menyambut :P

    @Rangga
    malang sekarang masih dingin kok, walaupun ga sedingin dulu. makanya, dateng ke malang :p

komen..komen..komen..