blog, blogger, dan blogging...

Posted: 30 August 2009 by ranii mahardika in Labels: , ,
4

beberapaa waktu yang lalu, sang pacar meminta saiaa untuk diajari membuat sebuah blog. sebelumnyaa, beberapa orang teman jugaa meminta hal yang samaa kepada saiaa. saiaa sihh memasang aksii "ia ia" sajaa. memangnyaa ada alasan buat saia untuk menolak permintaan mereka?? hehehe..


yang jadi pertanyaan adalahh, motif merekaa dalam membuat blog. dan setelah saiaa tanyakann, alasan mereka beragamm. ada yang pengenn sekedar menulis saat sedang butuh ruang untuk menulis.. ada yang pengen menegaskan eksistensisnyaa di dunia maya.. ada jugaa yang pengen menyampaikan aspirasinyaa terhadap sebuah peristiwa atau kejadian atauu apalahhh, untuk bisaa dibaca oleh orang banyakk.. yang lainnya bilang, pengen punyaaa ajaa biar bisa pamer. hahah....


saiaa jadi ingat ketika pertamaa kali saiiaa terjun ke duniaa blog inii.. awalnyaa, karena saia membaca tulisan seorang teman di blognya.. teman saiaa yang ini bahkan sudah punyaa beberapaa alamat blog sebelum akhirnyaa benarbenar "setia" pada blognyaa yang inii. setiap tulisannya menarik, membuat saiaa selalu ingin berkomentar. yang ditulis sihh cukup berkisar tentang kesehariannyaa. namunn, kemasann yang membungkus ceritanyaa bisa membuat saiaa iri. saiaa jadi ingin punya blog untuk menulis halhal yang mungkin ga pentingg, tapi bisa jadi pengganjal di kalaa sedang membunuh waktu. itu ajaa. ga ada alasan lainn.


di rumah, ibu saiaa masih menyimpann banyak sekaliii buku harian milik saiaaa.. bahkan buku hariann kalaa masih sekolah dasar pun masih tersimpan rapi pada salah satu sudut rak bukuu di kamar saia :) entah itu berarti bahwa saaia memang suka menulis sejakk kecil, atauu memang saianyaa yang ga bisaa berbagi secara langsung kepada orang lainn. yang pasti, kegiatan ini selalu berhasil membuat saia merasa nyaman. sangat nyamann!


dan ketika kinii buku mulai tergeser oleh harddisk dan software.. bahkan, tulisan macam apapunn bisaa dipublikasikan tanpa harus melalui perusahaan percetakan melalui media internet. sepertinya menyenangkann. kegiatann menulispun mendapat tempat yang lebihh luas dan semakin bebas. saiaa pun seakan terdorong mengikuti trend ini untuk menulis dan menulis lagi (di media blog). tapi tetep, tujuan utamaa cuman untuk menulis ajaa. saiaa ga pengen menjadi eksis di dunia ini. saiaa ga ingin menarik massa disini. saiaa juga ga bertujuan menghasilkan pundi-pundi rupiah atas kepemilikan saiaa ini. saia hanya ingin menulis. jika saia mendapat banyak sekalii kawan disini, itu adalah sebuah bonus dan hadiahh yang berhargaa untuk saiaa. senang sekali bisa punyaa banyak kawan! akibatnyaa saia jugaa jadi punya banyak tambahan wawasaan dari membacaa tulisan-tulisaan tementemenn blogger, and it's so fun.


karena tujuan utamaa melakukan hal ini hanyaa begitu-begitu sajaa, saia jadii tidak terobsesi untuk sering-sering menulis dan mempostingnyaa. saiaa jugaa engga terpacu untuk membuat tulisann yang keren, bagus atau mengandung kontroversi, hanya untuk menuai banyak komen dan pengunjung. bukan saia engga mengharapkann kunjungann temen-temen. saia hanya ingin melakukan hal yang saia sukaa. yang membuat saiaa senang dan nyaman. menulis datangnyaa dari hati kan?


so, apaa tujuann temen-temen membuat blog kaliann??

4 pendapats:

  1. hmmm...
    alasan gue blogging adalah... iseng awalnya. hahaha..tapi lama2 jadi keasikan karena it feels a lot of fun waktu baca2 komentar2 dari orang2..hehehehe..

  1. saya ngeblog untuk membuat kisah saya dan menceritakan indonesia timur yang saya jelajahi sebagai tempat perantauan.... sekaligus penilaian saya ttg itu....

  1. Uphiet says:

    Kalo aku, dari dulu pengen jadi penulis. Tapi berhubung jalur ke penerbitan gak pernah gampang, pilih yang gratisan ajah. He...

  1. rani says:

    hehehehe... terima kasihh semuaaa :)
    ternyataa emang macem2 iaaa tujuann temen2 membuat blog inii.. semangat ajaa semuanyaaa! tetep blogging iaa.

komen..komen..komen..