patuhi lalu lintas

Posted: 30 August 2008 by ranii mahardika in
5

saia baru saja sampai saat peristiwa itu terjadi .

jadi , saia baru saja sampai di sebuah warung kopi pinggir jalan , yang berfasilitas free hotspot , yang sekarang ini menjadi tempat favorit baru saia . tempatnya , tepat di pinggir jalan , sehingga sebenarnya , tempat ini sangat bising . peristiwa ini baru saja terjadi , terjadinya hari ini kok . baru ajaaaaaa !!

kebetulan saia sedang melihat jalan yang ramai *secara malam ini malam minggu , tapi saia duduk disini SENDIRIAN!!*
ada sebuah sepeda motor bebek , yang sangat penuh muatan . jadi , ada pengendara dan penumpang yangn membawa berbagai macam barang , yang memenuhi ruang sepeda motor itu . yang dibawa adalah barang dagangan , ada tumpukan kotak donat , ada tumpukan kardus yang isinya piring , gelas , dan peralatan makan lainnya . parahnya *menurut saia sih parah* , penumpangnya (yang duduk di belakang , dan yang memegangi semua tumpukan itu) adalah seorang perempuan !!!

kalo saja kedua orang itu (si pengemudi dan si penumpang) mau bersabar sedikit , dengan tidak membawa semua barang itu bersamaan seperti itu , mungkin peristiwa ini tidak akan terjadi .
jadi , tiba-tiba saja barang-barang bawaan keduanya jatuh dan berceceran di tengah jalan ! untungnya jalanan sedang sepi , kebetulan yang melintas tidak banyak ! (padahal malam ini malam minggu !!!)

"braggg , prang , pyang , bragg !!"

jatuh semuanya !! masih untungnya lagi , pengemudi dan penumpang tidak ikut jatuh .
saia kasihan melihat mbak yang seharusnya memegangi semua barang itu . dia terlihat sangat ketakutan , panik dan kebingungan . untungnya lagi (dan lagi) , banyak warga sekitar yang turut membantu mengambilkan (atau memunguti , ia ?) barang-barang yang telah tercecer itu. setelah semuanya terkumpul , warga menenangkan kedua orang itu dan menyarankan untuk menitipkan sebagian barang itu dulu , dan membawanya sedikit demi sedikit supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi .

tapi , keduanya menolak .
keduanya memilih untuk tetap membawa semuanya , namun mereka berjanji akan berkendara dengan lebih hati-hati .


hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa ini adalah :
patuhilah peraturan lalu lintas , patuhi pula standar keselamatan berkendara yang telah ada .
jangan pernah membawa barang yang berlebih sampai memenuhi badan kendaraan . itu semua kan demi keselamatan pengendara sendiri .

saia heran ,
kenapa iia kebanyakan orang Indonesia tidak mematuhi peraturan lalu lintas ?? padahal kan peraturan tersebut , justru merupakan tindakan preventif yang bisa melindungi kita sendiri .
saia lebih heran lagi ,
kebanyakan orang yang mematuhi dan melaksanakan peraturan lalu lintas , justru didasari oleh "ketakutan" mereka dengan pihak polisi . tentu temen-temen pernah denger kan , "Pakai helmnya , di daerah sana banyak polisi , lho !" atau mungkin , "Duh , aku ga bawa SIM nhe . kita cari jalan kecil aja ia ? supaya ga ketemu polisi!"
taukah temen-temen , apa artinya itu ?

ternyata kebanyakan orang melakukan itu (mematuhi peraturan) hanya untuk menghindari pihak polisi !! bukannya demi keselamatan mereka sendiri .
lucu iia ?

nah , kebetulan juga sekarang ini kita sudah memasuki bulan Ramadhan . sudah mau Lebaran . pada masa ini tentunya , temen-temen sudah bisa membaca tradisi orang Indonesia yang sudah turun temurun , MUDIK .
mudik , pada masa kini pun bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi . termasuk , kendaraan roda dua .
hohoho~
tentunya , setelah hampir setahun merantau , jauh dari keluarga , tentunya kita (para perantau) ingin membawakan oleh-oleh untuk keluarganya di kampung halaman . tidak cukup membawa uang hasil jerih payah mereka , tidak sedikit perantu (yang melakukan mudik itu) membawa banyak sekali buah tangan . kalau mereka menggunakan kendaraan umum , atau kendaraan pribadi roda empat , sih ga masalah . saiangnya , banyak sekali dari para pemudik itu yang menggunakan roda dua !!

ingat peristiwa yang baru saja saia ceritakan di atas ? yang membuka tulisan ini ?
bayangkan jika itu terjadi pada para pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya , yang ingin menunjukkan hasil jerih payahnya selama setahun itu ! mereka jadi ga bisa merasakan hangatnya berkumpul dengan keluarga . mereka malah akan membuat keluarga mereka menjadi bersedih . mereka bahkan tidak bisa menunjukkan hasil jerih payah mereka selama ini .

maka , tidak bisakah kita , para generasi muda (!!) melakukan sebuah perubahan yang mengarah positif ?? ga ada salahnya kok kita mematuhi peraturan lalu lintas , ga ada salahnya kok kita mematuhi rambu-rambu lalu lintas . itu semua benar-benar demi keselamatan kita toh ? saia bukannya ingin menggurui , tapi saia sendiri sangat merasakan manfaatnya mematuhi lalu lintas .

kalo saia bisa , mengapa teman2 engga ??
(ran)

5 pendapats:

  1. Mrs.Putyi says:

    yeeaahh!!

    cuma di Indonesia..peraturan dibuat untuk dilanggar huehuehuehe

  1. kalo semua orang di Indonesia , berpikir seperti itu , jelas aja Indonesia ngutang terus ke negara lainnn . . . .

    biuh biuh biuhhh . . .


    ckckckckckc

  1. Anonymous says:

    wah" Rani ama Putri udah ikut"an aktif di blogger...
    Awas nanti tambah belog kaya saia :)

  1. emang di malang udeh ada warkop yg free hot spot yah? hehe..udah lama ke borneo gakerasa inget malang lagi, jadi inget mbak iko di villa gunung buring, guru desainer grafisku yang waktu itu sangat kucintai...tapi sekarang kita berbeda, aku merasakan jauh lebih baik sejak aku memilih islam...fotomu mirip dia (mungkin dia masih kerja di duprinta advertising di jl. kayun surabaya)

  1. buat kang lijer smile :
    hohoho , uda lama ga ke malang ? aiolah maen ke malang lagi . hehe

    thx 4 visited iah .

    buat mul :
    hhehe
    welcome to da jungle !

komen..komen..komen..