mejenukan . . .

Posted: 08 October 2008 by ranii mahardika in
4

H - 2 menuju hari itu . ga terasa semakin deket aja hari itu .

hari ini , kesibukan dimulai karena biasanya sodara-sodara akan mulai ada yang dateng untuk "mejenukan" . aku ga bisa mendefinisikan arti "mejenukan" , tapi mungkin aku ceritain aja prosesi mejenukan itu . jadi biasanya , kalo ada upacara manusa yadnya , orang-orang *yang perempuan biasanya* biasanya akan datang sebelum hari -H *setelah undangan disebarkan tentunya* dengan membawa "oleh-oleh" seperti beras , kopi , gula , bahkan ada juga yang memberikan "amplop" . tujuannya adalah sebagai tanda balas karena telah diundang *mmm~ entah benar atau tidak hal ini* .

mejenukan ini tidak hanya berlaku untuk sebuah perayaan *dalam hal ini , yang akan berlangsung adalah sebuah perayaan* . mejenukan ini juga dilakukan jika ada yang meninggal . secara otomatis tanpa harus ada undangan , orang-orang sekitar juga datang melakukan mejenukan dengan pula membawa "oleh-oleh" seperti yang dimaksud di atas . so , mungkin bisa sedikit dipahami lah arti mejenukan itu ??

nah , kesibukan dimulai dengan membuat "kado" balasan yang akan diberikan kepada orang-orang yang datang nantinya . dalam adat islam *NU utamanya* , "kado" ini dikenal dengan "berkat" . nah , "kado" ini bisa berupa apa aja , buah-buahan , roti , makanan dan sejenisnya . ibuku memutuskan untuk memberi buah-buahan sebagai balasan kepada para tamu nanti . buah-buahan yang digunakan yaitu buah nanas , jeruk , salak dan pisang .

satu buah nanas , dua buah pisang , dua buah salak dan satu buah jeruk dimasukkan ke dalam sebuah plastik transparan dan kemudian diikat oleh pita merah . maav lagi , aku lupa melakukan dokumentasi terhadap kegiatan ini dan contoh "kado" yang kami buat tadi . karena terlalu banyak yang harus dibuat , aku jadi ga sempat deh untuk melakukan sesi dokumentasi .

akhirnya , jam 3 sore , tamu-tamu mulai berdatangan . setelah mandi , kegiatan berikutnya adalah menyediakan suguhan untuk para tamu nantinya . sebelumnya , ibu sudah membeli lemper dan sebuah roti basah . jadi yang aku dan beberapa saudara lainnya lakukan hanya menatanya ke dalam sebuah "ingke" dan memindahkannya ke sebuah kotak . banyak banget yang harus disiapkan , terutamanya karena aku yang "diwajibkan" ibu untuk mengkoordinasi kegiatan pembagian konsumsi .

tapi entah kenapa , aku males . jadi yang aku lakuin adalah : menyerahkan tanggung jawab kepada salah seorang tante , dan KABUR . . . .!!!

hehehhe , akhirnya , yang terjadi adalah , aku kabur kesini . asik-asik'an maen internet , bloging , dan YM .

4 pendapats:

  1. No Name says:

    waa, kabur dari tanggung jawab ya Ran? ga baek itu.. ckck.. hahaha. kalo di tempat Ibuku namanya 'mbecek'. acaranya kayak sukuran trus tetangga pada dateng bawa sembako dll. hehe. lama ga pernah liat acara kayak gitu lagi. pastinya seru. hehehe :)

  1. ia sih , sebenarnya sih itu tradisi orang Indonesia .

    seru , dan selalu sarat makna :)

    tapi , tadi itu kebanyakan orang2 tua yg datang . yg seangkatan sama ortu , makanya jadi males . padahal seharusnya , mereka2 yg seusiaku uda pada meneruskan tradisi ini . mmm~
    pada kemana mereka ???

  1. Mrs.Putyi says:

    ya mestinya kamu itu memberi contoh dulu Ran..jangan kabur dari tanggung jawab..hahahaha

    Jadi anak2 muda sekarang pada lari dari tanggung jawab dan menyerahkan pada orang tua mereka deh buat mejenukan.

    Kalo aku sih, sebenernya seneng mejenukan asaaalll orang yang punya acara itu aku tau dan kenal, tapi kalo uda semeton dari mana kaden yang ngundang gitu, males deh aku..ikut mejenukan sih ikut tapi biasanya nempel terus di ortu hihihihi

  1. hehehe

    kalo gitu , kmu harusnya mejenukan di rumahku tau ...

    kan ngasi contoh . hehehe

komen..komen..komen..