what ?? Denpasar banjir ???

Posted: 08 October 2008 by ranii mahardika in Labels: , , , ,
5

Kemaren hujan turun dengan deras , mulai pagi udah hujan sampe siang . sempat “jeda” sebentar , sampai akhirnya sore berlanjut lagi sampai malem . this rain is my first a-long-day and swift rain . derasssss sangadhh !! seakan Denpasar menangis dan berduka , setelah selama beberapa hari belakangan ini sang surya mendominasi sampai 32 derajat celcius ! addduuuh !! Sang Dewa Air geram !! beliau marah dan melampiaskan kesalnya melalui Selasa , 7 Oktober 2008 .

Saking geramnya , beliau mengutus Sang Hujan Lebat dan Gelap Langit ke daerah Denpasar , Badung dan Gianyar ! benar-benar gila , karena utusan beliau berhasil “kawin” dan beranak limpahan air yang menggenang di ketiga daerah tadi . jadi , jika keadaan ini di-bahasa Indonesia-kan , didapat arti : BANJIR !!!!

U know what ?? yuppzz , Denpasar , Badung dan Gianyar kemaren kebanjiran .untuk Denpasar sendiri , ruas jalan Gatot Subroto , jalan Gunung Agung , jalan Batukaru , sampai jalan Cokroaminoto merupakan kawasan yang paling parah didera banjir . yang disebutkan pertama malah , sampai-sampai terjadi kemacetan yang sangat parah , akibat banyak kendaraan yang mogok . menurut info yang berhasil aku himpun *cieeeh kayak jurnalis aja nihh !* , banjir mencapai ketinggian 50-60 cm (seberapa sih ituu ?) . jadi knalpot sepeda motor uda ga kelihatan lagi , ban-ban mobil pun nasibnya ikut apes karena ga bisa pamer pelg-pelg modifikasi mereka (uda kebayang kan ?) .

Bahkan , di beberapa daerah yang mungkin secara geografis letaknya lebih rendah dari daerah yang lain *masih menurut info yang bisa kukumpulkan* banjir mencapai paha orang dewasa . biuhh , temanku yang kerja di daerah Gatsu I malah menceritakan kalo ada mobil yang sampai dikira kolam renang mini gara-gara kelelep banjir . duhhhh ! di Sukawati , Gianyar malah sampai ada sebuah mobil sedan yang tergerus banjir !! mobil itu terhantam arus air yang tingginya sekitar 1 meter (!!!!) , dan sempat hanyut terseret arus . penumpangnya berhasil ditolong warga untuk keluar dari mobil saat mobil itu sudah berada di pinggir sungai yang kedalamannya 5 meter .

Oh iia , aku minta maav karena ga bisa melengkapi postingan ini dengan foto , karena *jelasnya* seharian kemaren aku juga ga bisa kemana-mana karena Dewa Air juga “marah-marah” di rumahku . duhh duhh , bahkan malemnya , kawasan rumahku sempat “kebanjiran” walau tingginya hanya melewati 2-3cm di atas mata kakiku . sebenarnya temanku yang tadi aku ceritain kerja di daerah Gatsu I , sempat merekam video kejadian banjir yang melanda daerah rumahnya .

Tapi , untungnya begitu hujan redan , ga lama setelahnya banjir cepat surut . walau di beberapa bilangan ruas jalan , proses tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar . walaupun begitu , kejadian ini haruslah menjadi perhatian dari pemerintah kota Denpasar . karena , beberapa waktu kemaren , di Denpasar khususnya sedang berjalan sebuah proyek drainase . tujuannya tentu salah satunya adalahh untuk ini , untuk mencegah banjir karena telah ada "tempat penampungan" untuk air-air tersebut .

ada tidaknnya sistem drainase tersebut , tetap saja masalah ini seharusnya ditanggulangi bersama-sama pemerintah dengan masyarakat . bukan hanya menyalahkan pemerintah yang mungkin kurang cepat tanggap , atau juga malah mengkambinghitamkan masyarakat yang kurang aware terhadap lingkungannya .

5 pendapats:

  1. No Name says:

    iya ni kemaren ujannya deres banget sampe pekarangan rumah juga ada genangan airnya. tapi sekarang uda adem ayem, ujannya uda reda, tapi masih mendung aja. hiks. sebenernya aku ga suka ujan.. :'(

  1. palace to cupid, blog kamu bagus deh. Saya kira kamu juga kreatif karena mampu membuat artikel sebagus ini. kamu rela membuang waktu dan pikiran untuk menghasilakan ide yang baik ini.

    jangan pernah berhenti untuk menyumbangkan ide cemerlang kamu di blog ini. saya yakin blog ini pasti sangat bermanfaat.

    Sukses ya …….

  1. @neno
    semoga hujan ga lagi membanjiri negeri kita ini . amin


    @suprih & isti
    makasi ia uda mampir en kasi komen iia . nanti saya iang mampir ke blog kalian ia .

    salam .

  1. Mrs.Putyi says:

    iya..deres banget

    Tapi aku malah kebalikan dari Neno..aku sangadh sukaaaa ujan...tapi ga nyampe bikin macet kaya kemaren, banjir sih boleh2 aja..tapi ga usah pake acara macet2an.

    Jadi kalo ujan deres semua orang diem dirumah aja ga boleh kemana2

    hehehehe

  1. berarti kita menemukan satu kesamaan lagi dunkk ...


    hhehe

komen..komen..komen..