menek ngekeb , ulang tahun , rame

Posted: 12 October 2008 by ranii mahardika in Labels: , , ,
1

Kemaren (9 Oktober 2008) , aku gga sempat posting . acara di rumah tinggal 1 hari ( kalo diitung dari kemaren lho iia ) .jadi kemaren tuh orang-orang yang dateng mejenukan , banyak bangett . rameee banget , keadaan jadi bener-bener krodit . ditambah lagi , “panitia” yang dibentuk ibu , ga terlalu tanggap . hal ini wajar saja , karena “panitia dadakan” tersebut adalah orang Jawa , sodara-sodara ibu yang jelas ga ngerti prosesi dan “unggah-ungguh” acara mejenukan ini .

Untungnya dari sekian banyak tamu yang datang , beberapa di antaranya adalah temen-temanku . jadi aku gga harus terlalu lama “act as a doll” . tamu baru benar-benar habis jam8 malam . jam segitu , ibu baru inget kalo hari itu (Kamis) adalah hari oton aku . dan ibu ga ada buat banten otonan , karena yang ada di pikirannya tentu aja perihal acara hari itu . hhhhm~

Ibu langsung “mejejaitan” dan buat banten otonan , untungnya , ada nenekku yang bantuin . (bukan nenek langsung sih , tapi masih sodara jauhhhh lah)

Akhirnya , jam 9 malem aku baru bisa “natap banten” otonan . nenekku yang tadi aku bilang langsung mengajak aku , adik dan ibu untuk “melukad” di merajan . hhmmm~

Besok , acaranya adalah “menek ngekeb” . acara ini menandai bahwa aku en adikku harus “dipingit” , sebagai tanda untuk menghalau hal-hal jelek dan negatif yang mungkin bisa terjadi kepada kami . seharusnya , “ngekeb” atau dipingit ini dilakukan selama tiga hari . namun , untuk masa kini , waktu pelaksanaan “ngekeb” ini kadang hanya dilakukan sehari saja . alasannya , mungkin karena orang-orang pada masa kini tidak ingin kehilangan banyak waktu untuk alasan ekonomi atau apalah . . .

Besok acaranya dimulai jam 5 sore . aku berharap semoga acaranya akan berlangsung dengan baik . semoga .

Satu lagi , besok . . . umurku tambah satu lagi .
mmm


(ini postingan baru aku post tanggal 12 Oktober 2008)

1 pendapats:

  1. No Name says:

    Wa met ulang tahun ya Ran! Ga tau ni klo kmu ultah. Hehe. Sekarang uda bisa istirahat dong.. Cheers! :)

komen..komen..komen..