potong gigi , part 2

Posted: 15 October 2008 by ranii mahardika in Labels: , ,
0

ini lanjutannya dari postingan kemaren . tau gga kenapa aku sampai membuatnya menjadi dua bagian ??? jadi sbenarnya , waktu nulis yang bagian pertama itu aku masih semangat2nya buat nulis pengalaman ku itu . nah begitu sampai di tengah jalan aku bosen nulis tentang itu . capek , mengingat segala persiapan sampai pas hari -H nya itu bener-bener menguras tenaga , otak , dan pikiranku :((

well , kalo mau tau prosesi slanjutnya setelah potong gigi , lanjut aja pantengin ini postingan . hhehehehe
'
nah , setelah potong gigi . . . .

acara selanjutnya adalah natab banten .
untuk acara ini , aku harus ganti kostum lagi !! jadi kalo di -total2 , ada sampai tiga kostum yang digunakan selama acara ini berlangsung. dan semuanya "berat-berat" .

back to da topic ,
acara natab banten kali ini ditujukan untuk bersyukur atas telah terlaksananya upacara potong gigi ini . jadi , dari bale gede tempat potong gigi tadi , aku dan adekku "dikembalikan" ke tempat mesekeb untuk berganti kostum dan berganti riasan . setelah semuanya berganti , aku dan adik yang bkal natab banten di merajan ini , bakal "dibawa" ke merajan dengan menggunakan tandu . yuppzz , jadi selain sebagai upacara agama , upacara ini juga disisipi dengan upacara adat .

nah , adat alias budaya keluargaku dalam hal ini adalah dengan ditandunya (baca : MEGAYOT ,red) aku dan adik menuju ke merajan itu . meskipun sebenarnya jarak antara merajan dengan tempat mesekeb , cuman beberapa langkah kaki saja , tetap aja tradisi ini harus dilanjutkan ... nah , apapun itu namanya , tetep aja tradisi harus diteruskan . iia kan ??

balik lagiii ,
sampai di merajan , aku dan kelurga lansung "natab banten" untuk melanjutkan prosesi selanjutnya . abis natab banten alias sembayang sebagai bentuk syukur yang tadi uda aku jelasin itu , berikutnya ada lagi sembayang yang dipimpin oleh seorang pedanda , yang (mungkin juga) diselesaikan dengan upacara mewinten . jadi upacara mewinten ini berarti bahwa aku dan adik telah memasuki kehidupan baru , utamanya setelah kami melalui prosesi upacara potong gigi ini .

prosesi selanjutnya , masih ada satu jenis "sembayangan" lagi . kudengar dari embicaraan mereka (pedanda , asistennya dan nenekku) bahwa nama prosesi ini adalah "mapakelem" . salah atau benarnya , nanti bakal aku usahakan cari kebenaran dari jenis prosesi ini iiia . . . . hhehehe
nah , tujuan prosesi ini adalah "untuk mengijinkan kami melanjutkan hari-hari mendatang setelah seluruh prosesi potong gigi ini ditutup" . iiah , seperti itulah artinya bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia . hhehehehehe lagi :)


nah , mungkin nanti bakal aku terbitkan beberapa foto pelengkap postingan ini , supaya temen2 bisa agak ngeh dengan "pertele-telean" cerita tadi itu . itu juga sebagai bentuk pelunasan utangku ke Uthiex en Neno yang pingin foto-foto itu segera di-launching . . .

hhehehehe

0 pendapats:

komen..komen..komen..