konvoi yang ga pernah tertib

Posted: 04 April 2009 by ranii mahardika in Labels:
0

sekarang saia berada di sebuah warung makan favorit saia di bilangan Sigura-gura, MaLang.. senang sekali bisa berada disini lagi setelah hampir seminggu saia tidak kemari :) nah, tadi itu kan saia berangkat dari kost saia di bilangan KaLpataru well, yang ngerti ini semua cuman mereka yang tau Malang sih.. hhehe bagi yang ga tau, anggap tau aja deh :p

sepanjang jalan menuju kemari, saia bertemu dengan banyak sekali rombongan kendaraan bermotor yagn sedang berkonvoi (baca : kampanye,red)saia sih ga akan menuliskan parpol mana yang sedang melakukan konvoi ini, karena yang ingin saia ungkapkan disini bukan mengenai parpolnya, melainkan tentang pelaksanaan teknis kegiatan berkonvoi-nya.

ga sekali dua kali ini saia mendapati rombongan konvoi di jalanan. mulai dari konvoi untuk kampanye, konvoi perkumpulan atau club-club tertentu, konvoi untuk launching produk atau apalahh, atau konvoi dalam rangka memperingati sebuah perayaan.. hampir di setiap konvoi yang saia temukan tersebut, kebanyakan memiliki kesamaan-kesamaan tertentu. sebut saja, ramai! jelasLah! berbondong-bondong, jelas pula lahh. lainnya, hampir kebanyakan dari kegiatan ini, mengandung unsur pelanggaran lalu lintas. percaya deh sama saia untuk hal yang satu ini.

memang sih ga semua konvoi begitu, saia toh bilangnya : kebanyakan. kebanyakan dari mereka, banyak yang tidak menggunakan helm, banyak yang mengangkut lebih dari dua orang pada satu sepeda motor, banyak yang berdiri pada sadel sepeda motor untuk mengibarkan bendera atau umbul-umbul atau sejenisnya. yang paling mudah kita temukan sih jenis pelanggaran yang pertama, ga pake helm.

iia toh?

saia cuman heran aja dengan hal-hal seperti ini. memang tampak sepele bagi sebagian orang, namun hal ini cukup berdampak besar lhoo~ ga mau kan kita jadi korban kecelakaan lalu lintas, hanya karena tidak menggunakan heLm?

saia pribadi sih tidak menyalahkan siapa-siapa dengan adanya kenyataan ini. saia hanya menyayangkan saja, bahwa ternyata masing-masing pihak kurang menyadari arti besar keselamatan diri sendiri. coba aja, setiap orang yang melakukan konvoi itu membekali diri dengan perlengkapan yang pantas. trus, mereka bisa melakukannya dengan tertib sepanjang perjalanan, mematuhi rambu-rambu walau saia sangat yakin bahwa telah ada petugas dari kepolisian yang mengawal mereka, dan teratur dalam melakukan manuver-manuver tertentu. pasti hal itu akan terlihat lebih "indah" dan orang-orang atau pengguna jalan lain yang melihatnya juga akan merasa senang dan simpati dengan itu.

selain itu, kegiatan konvoi ini juga pasti ppunya panitia atau koordinator yang mengatur seluruh rangkaian kegiatan tersebut. seharusnya, pihak panitia juga mempunyai kesadaran diri untuk mengajak temen-temennya menjadi tertib di jalanan. selain itu, mereka juga sebaiknya menerapkan sistem sanksi untuk setiap pelanggaran yng dibuat. sanksi yang diterapkan tentunya juga akan meminimalisir angka pelanggaran lalu lintas dan urusan kepolisian toh. hal itu menjadi sebuah hal yang baik juga untuk pembentukan "citra" atau "nama baik" dari organisasi yang diwakilkan oleh mereka-mereka yang melakukan konvoi.

cukup baik juga kan alasan saia? bagaimana menurut temen-temen?

0 pendapats:

komen..komen..komen..