menghapus akun sociaL networking!

Posted: 09 June 2009 by ranii mahardika in Labels: ,
4

terhitung, ini kedua kalinya saia menghapus akun social networking yang saia miliki..


yang pertama friendster. saia lupa kapan tepatnya saia menghapus akun saia di situs pertemanan itu, tapi jelasnya sejak saia mulai tidak nyaman dengan situs itu, dan sejak saia akhirnya memutuskan untuk menggunakan lagi akun facebook saia! ketidaknyamanan itu diawali ketika banyak sekali orangorang yang tidak saia kenal, menambah saia sebagai teman mereka di friendster. awalnya, kebanyakan dari mereka saia terima sajaa, dengan harapan akan terjadi kesinambungan interaksi dan benarbenar akan bisa menjadi teman nantinya. tapi yang terjadi adalah, orangorang itu hanya sekedar menambahkan saia sebagai teman mereka, tanpa adanya komunikasi dalam bentuk apapun setelahnyaa. paling banter juga, Thx voo add pada halaman profil di bagian Comment and Testimonial. and, nothing after all! yang ada hanya laporan recent activities orangorang yang ga saia kenal itu, yang hampir online setiap hari setiap saat! fyi, saat itu saia masih belum bisa online setiap hari karena belum berlangganan provider internet apapun selain warnet langganan! menganggu sekali.. sungguh hal itu sangat mengganggu!


kemudian, atas rujukan salah seorang teman, Ms. Neno, saia akhirnya menghapus akun saia di situs itu. benarbenar saia hapus! dan berkat hasutannya pulalah , saia akhirnya kembali menggunakan akun facebook yang telah saia miliki sebelumnya, dan tidak pernah saia gunakan karena kebanyakan teman masih menggemari friendster di kala itu. dan menghapus akun social networking saia pada masa itu, sama sekali tidak membuat saia menyesal.. hebatnya saia, hahah!


dan sekarang, akhirnya saia kembali melakukan hal yang sama. kali ini yang saia hapus adalah akun saia di plurk. saia memutuskan untuk menghapus akun saia itu karena saia mulai merasa menjadi kecanduan internet akibatnya. well, saia ga bohong! saia ga terlalu sering mengakses facebook atau blog saia ini, tapi saia hampir setiap saat mengakses akun plurk saia, baik melalui laptop, maupun hape! pagipagi baru bangun, mau berangkat beraktivitas, akan bekerja, akan makan, tidak mandi sebelum mengecek status, di jalan, di kost, di tempat makan, di kampus, di studio, sambil mengobrol dengan teman, sambil nonton tv, mencuri waktu di kala sedang bertemu orang, mau tidur.. alaaahh~ pokoknya setiap saat! setiap saat saia selalu terhubung dengan temanteman saia di akun yang satu ini. hampir setiap jam, saia mengeceknya, berinteraksi dengan temanteman plurk, dan menyandu dengannya. lama kelamaan, waktu saia untuk melakukan hal yang lainnya mulai berkurang. meskipun saia ga perna merasa kekurangan waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaan saia, tetap saia jadi kekurangan waktu untuk tidur! saia tidur lebih larut, dan bangun lebih pagii, untuk menyandui sii plurk ini.


sedangkan saia butuh lebih banyak waktu untuk diri saia sendiri, saia butuh waktu untuk menikmati waktu tanpa internet, saia butuh lebih banyak inspirasi di dunia nyata, saia butuh sesuatu yang lebih banyak dan lebih berarti daripadad sekedar terpaku di depan laptop atau henpon. intinya, saia butuh bebas dari internet! saia  butuh menghirup udara di alam bebas, di dunia nyata dengan asupan yang jauhh lebih banyak. dengan plurk, saia ga bisa melakukannya.. dengannya, saia kehilangan banyak momen yang bisa membuat saia tertawa lebih sehat, yang membuat saia menangis lebih leluasa, yang membuat saia lebih hidup.


jadi, saia hapus akun ini. saia akan kembali ke dunia nyata, ke dunia dimana saia jadi bisa menulis lebih banyak, melihat lebih kasat mata, mencium lebih dalamm. tapi saia akan tetap berada disini, di jejak celotehan ini, karena saia tetap butuh media untuk mencelotehkan apa yang telah saia lihat, cium, dengar, rasa, dan raba. hemm, adil kan jika begitu?

4 pendapats:

  1. hueheehhe..

    aku pernah sampe 3x cancel account di FS.. hihihi..

    salam kenal juga ya rani :)

  1. :) samasama mbak...
    kalo sampe tiga kali di cancel, berarti punya tiga akun FS dunk? hehehe...

    makasih kunjungannya ia :) jangan kapok mampir lagi..

  1. pakde says:

    mmm~ social network sperti `kerupuk` ya... renyah, lezat, tapi tak bergizi... 90% sya setuju dengan tulisan diatas... internet dg segala "gizi" dan efek sampingnya emang nyandu! sya sndiri sering dibilang iNetHolic sama tmn2(dan sya bangga), keknya ga bisa hidup tanpa internet!!! gara² iNet jg sya nyaris kehilangan "kehidupan sosial"... (tapi untung masih bisa diseamatkan) hehehe...
    sudah selayaknya kita memberikan porsi yg seimbang antara `real life` dg `cyber-life`...

  1. nees says:

    Jung, aku link ke tulisan yang ini,
    yang aku bilang ke kamu tuh...soal sampah2 di Wall itu lhohh...

komen..komen..komen..