(sedikit opini tentang) goLput

Posted: 25 March 2009 by ranii mahardika in Labels: , ,
3

beLakangan ini saia mendapati banyak sekaLi pemberitaan media mengenai PemiLu dan segaLa tetek bengeknya. apaLagi sekarang ini adaLah masa kampanye pemiLu. Hmmm~ dari sekian banyak jenis maraknya pemberitaan tersebut, belakangan ini saia mendengar isu mengenai GOLPUT di sekitaran saia. muLai dari teman, lingkungan kampus, lingkungan kerja, kLien-kLien juga banyak yang menjadikan si GoLput ini sebagai perbincangan di waktu makan siang.

Dunia maya pun ikut-ikutan membicarakan si GOLPUT. seperti juka saia OL di YM, pLurk bahkan fesbuk!! Yang paLing gress, perbiincangan terakhir saia dengan seorang dosen saia.. coba Lihat disini gpp kok :) semoga link-nya berhasil iiia, hhehe

Mungkin bagi sebagian orang, GOLPUT memang merupakan pilihan yang paLing baik, yang paLing tepat, mengingat mereka menganggap bahwa mereka adalah kaum yang tidak terwakiLkan. ga sedikit puLa yang mengatai para caLon wakil rakyat kita adalah orang-orang yang ga pantas menjadi caLon legislatif yang terhormat, dan karenanya mereka (kaum GOLPUT,red) memilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya dan kewajiban mereka sebagai warga negara itu.

Saia cuman heran, herannya begini,, kalao mereka menganggap para caLeg sekarang ini tidak pantas mencaLonkan diri. Lalu siapa yang pantas? Trus, jika mereka menganggap bahwa para caLeg tersebut hanya mengumbar-umbar janji tanpa ada reaLisasi, Lalu tindakan nyata apa yang bisa diLakukan oLeh para caLeg untuk meyakinkan?? Mereka kan hanya caLon. Saia uLang, mereka hanya caLon atau, ada lagi… kata para GOLPUT ini, mereka tidak mengenal satupun caLon wakil rakyat yang sedang bertarung berebut kursi panas di badan legislatif. hoii, bukankah sekarang ini masa kampanye pemiluu, Bung!! Masa sosialisasi.. masa perkenalan, masa “menjual diri” mereka, para calon wakil rakyat. apa susahnya sihh mengikuti sedikit sosialisasi para caleg itu? Ga cukup waktu?? Untuk “menghujat” caleg-caleg tersebut aja waktunya banyak.. kok ia untuk menyimak visi misi yang telah disiapkan itu aja ga sempat.

Disini, saia hanya ingin mengajak temen2 untuk menggunakan hak pilih yang telah diiberikan oleh negara sebagai penyelenggara kegiatan negara tersebut, dengan baik dan bijak. Gunakan dengan baik karena, negara demokrasi yang kita anut teLah memberikan kita kebebasan untuk bersuara, bahkan hal tersebut jugaa diatur dalam UUD negara kita. Jangan katakan bahwa tidak memilik pun merupakan hak temen-temen, karena untuk tidak memilik tidak disebutkan sedikitpun dalam UU manapun! bahkan temen-temen tidak akan menemukan istiLahh Hak Tidak Pilih atau Hak Tidak Suara dimana-mana.

Dan, gunakan dengan bijak supaya kita benar-benar memilih mereka-mereka yang berkualitas, yang layak mendapatkan uang pembayaran pajak kita sebagai bayaran mereka.. yang akan meneruskan segala aspirasi kita, rakyat dan warga negara Indonesia. Jangan skeptik dengan mengatakan temen-temen ga mengenaL caleg-caleg yang sedang bertarung. Temen-temen kan bisa memanfaatkan media telekomunikasi massa, ada TV, radio, internet, telepon genggam.. di jalanan juga banyak terpajang balihoo, spanduk, umbul-umbul, selebaran, yang secara singkat menyampaikan visi/misi mereka. Tidak usahLah menghadiri kampanye yang melibatkan massa dalam jumlah besar, karena memang hal-hal itu tidak efektif sebagai upaya penyampaian pesan. jadiLah bijak dengan menyaring segala informasi, dan dengan media yang tepat pula. Jadilah bijak dengan menggunakan hak pilih kita, dan jadilah bijak dengan turut serta memulai sebuah perubahan di negara Republik Indonesia kita ini. Meskipun kecil, suara kita mampu mengubah segalanya..

Jangan Tanyakan Apa Yang Negara Berikan Kepadamu.. Tapi Tanyakan Apa Yang Bisa Engkau Berikan Kepada Negara(mu)

3 pendapats:

  1. Unknown says:

    aduh.. ran.. daripada ngabisin liat kampanye caleg yang ga jelas mending tidur dah. Coba sekali-kali liat di http://janganbikinmalu2009.com, ngakak liatnya. Kl ky begitu model calegnya, mending golput saja deh.. ga rela kalo orang-orang ky begitu jadi wakil rakya. Nanti saja pas pemilu presiden baru milih.

  1. Mrs.Putyi says:

    hahaha..jadi ngerasa..
    well...aku sama sekali ga tertarik dengan partai2 dan apalah yang ada didalemnya, aku ga ngerti, aku ga suka juga mengikuti kampanye2 orang2 itu, gatau kenapa yaaa... ga tertarik aja hehehe.
    Jadi yaaa beginilahh, dibilang skeptis iyaaa,mungkin nanti aku akan dateng ke TPS, tapi soal siapa yang akan dipilih no idea and get blank for that, mungkin cuman mencontreng indah aja kali...hehehhe

  1. baiklahh semuaa...
    itu semua terserah anda :)

    btw, maav linknya ga bisa.

komen..komen..komen..